Home > News

Tindak Lanjut Pertemuan Putin dan Kim Jong-un, Sergey Lavrov akan ke Pyongyang Bulan Depan

Sebelumnya Vladimir Putin dan Kim Jong-un bertemu di Rusia.
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov datang untuk mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri KTT G20 Indonesia. Ilustrasi. Dok:  AP Photo/Russian Foreign Ministry Press Servi
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov datang untuk mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri KTT G20 Indonesia. Ilustrasi. Dok: AP Photo/Russian Foreign Ministry Press Servi

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

Beranjak ke berita diplomasi dua negara Korea, kantor berita Yonhap melaporkan pada Sabtu (23/9/2023), bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov bakal mengunjungi Korea Utara (Korut) bulan depan. Hal ini sebagai tindak lanut pertemuan puncak yang sangat jarang terjadi antara Presiden Rusia Vladaimir Putin dan Pemimpin negara tetangga Korsel, Korut, Kim Jong-un.

Sergey Lavrov menyampaikan pernyataan tersebut pada konferensi pers di markas besar PBB di New York. Dia mengatakan bahwa kunjungan mendatang ini menyusul kesepakatan antara pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kim dan Putin mengadakan pertemuan puncak di pelabuhan antariksa Rusia pada 13 September. Pertemuan tersebut tentu meningkatkan spekulasi bahwa Korut mencapai kesepakatan untuk memasok amunisi bagi perang Rusia di Ukraina dengan imbalan bantuan pangan dan transfer teknologi senjata.

Para pengamat mengatakan kunjungan Putin ke Korea Utara dapat didiskusikan selama kunjungan Lavrov. Sebab pemimpin Rusia tersebut sebelumnya menerima undangan Kim yang disampaikan kepadanya pada pertemuan puncak tersebut.

× Image