Home > News

Bak Aktor Hollywood, Kim Jong-un Pantau Langsung Uji Coba Rudal Terbesarnya

Nitizen internasional membandingkan video Kim dengan film Top Gun atau hit K-pop Korea Selatan Gangnam Style.

Chingudeul, 안녕하세요 (Annyeonghaseyo)...

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menarik perhatian dunia dalam video terbarunya memimpin langsung uji coba peluncuran rudal antar benua (ICBM) terbesarnya, Jumat kemarin.

Kim tampil mengenakan jaket kulit hitam mengkilap, kacamata hitam, dan di belakangya terdapat rudal raksasa. Tampilannya disamakan oleh media asing dengan perubahan Kim "gaya Hollywood" dan penampilan film "Top Gun".

Di bawah pemerintahan Kim, Korut telah berusaha untuk mengubah media pemerintahnya dengan efek digital dan mencari cara yang lebih modern untuk menceritakan kisahnya. Pada Kamis, Korut menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) besar dalam sebuah tes yang menurut Kim dirancang untuk menunjukkan kekuatan nuklirnya dan mencegah setiap gerakan militer Amerika Serikat.

Televisi pemerintah Korut pun menyiarkan video peluncuran yang diproduksi secara besar-besara. Video tersebut menampilkan efek dan suntingan mencolok. Komentator online internasional membandingkan video tersebut dengan film Top Gun atau hit K-pop Korea Selatan Gangnam Style.

The Guardian mencatat, Kim diapit oleh perwira militer berseragam saat video dimulai. Video ditampilkan dalam gerakan lambat berjalan keluar dari pintu hanggar perlahan terbuka untuk menunjukkan rudal besar.

Soundtrack yang intens semakin cepat saat tembakan beralih dengan cepat antara Kim dan para perwira yang melihat jam tangan mereka sebelum pemimpin Korut melepas kacamata hitamnya. Kim mengangguk muram untuk memulai misil bergerak ke posisi peluncurannya.

Hitung mundur dimulai. Kemudian salah satu ajudan Kim berteriak "Api!" dalam gerakan lambat, sebelum rentetan tembakan cepat menunjukkan tentara lain mengibarkan bendera, dan yang lainnya berkumpul di trailer komando sambil berteriak saat salah satu menekan tombol peluncuran.

Api merah keluar dan rudal terbang ke langit. Setelah rudal itu menghilang, Kim merayakannya dengan dua ajudan utamanya meneriakkan "hore" dan mengangkat tangan mereka.

Di video berikutnya, Kim tersenyum berjalan di aspal dengan tentara yang mengenakan seragam tempur gaya gurun dan pelindung tubuh. Tayangan TV dari peluncuran tersebut memicu meme dan remix online yang menyebut Kim “Top Kim Jong-un” atau menyebut video tersebut sebagai “Gaya Pyongyang”.

Kim sebelumnya viral ketika dia menunggang kuda putih mendaki lereng bersalju gunung paling suci di Korea Utara. Ayah dan pendahulu Kim, Kim Jong-il, adalah penggemar berat film. Pada 1978 ia memerintahkan penculikan seorang sutradara dan aktor film Korea Selatan untuk membantu mengembangkan industri perfilman Korea Utara.

Negara miskin masih menuangkan sumber daya yang signifikan ke dalam film, meskipun banyak dari produksinya adalah karya propaganda yang memuji keluarga Kim yang berkuasa.

Dikenal sebagai Hwasong-17, ICBM raksasa pertama kali diluncurkan pada Oktober 2020 dan digambarkan sebagai "rudal monster" oleh para analis. Peluncuran sebelumnya tidak pernah berhasil diuji tembak, dan peluncuran itu memicu kemarahan dari tetangga Pyongyang dan AS.

Korut sudah berada di bawah sanksi internasional untuk program senjatanya. Pada Jumat seusai konfirmasi Korea Utara, dewan keamanan PBB mengadakan pertemuan darurat mengenai peluncuran itu.

× Image